Membuat Judul Penelitian

Membuat Judul Penelitian


Salah satu yang menjadi kendala dalam penelitian adalah membuat judul penelitian, karena dari judul tersebut kita nantinya akan melakukan penelitian apa, dengan alat apa dan untuk apa penelitian itu dilakukan.


Menentukan Topik Penelitian

Langkah yang paling bisa dilakukan sebelum membuat judul penelitian adalah menentukan topik yang akan diteliti kemudian menemukan persoalan-persoalan yang ada yang berhubungan dengan topik yang akan diteliti.

Bagaimana cara menentukan topik yang akan diteliti ?, jawabannya adalah dari pengamatan yang kita lakukan terhadap sebuah lingkungan organisasi, institusi, masyarakat, dari membaca beberapa tulisan yang kita baca atau materi pembelajaran yang kita pelajari dan permintaan solusi dari yang menghadapi persoalan dan meminta kita untuk menemukan rekomendasi solusinya.


Menemukan Persoalan

Selanjutnya setelah menentukan topik kita mencoba dari topik tersebut menemukan persoalan-persoalan kemudian merumuskan masalah yang dibutuhkan nantinya untuk solusi atas persoalan-persoalan tersebut dengan cara observasi, dan wawancara serta menemukan tulisan tentang topik yang sama dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang mirip dan metode penyelesaian persoalan-persoalan tersebut untuk memastikan nantinya kita menggunakan pendekatan atau metode penyelesaian persoalan dengan cara yang berbeda.


Merumuskan Masalah

Setelah kita menemukan persoalan-persoalan yang ada saat melakukan observasi dan atau wawancara, langkah selanjutnya adalah merumuskan masalah atau pokok masalah yang terjadi dengan cara membuat persoalan-persoalan dalam bentuk 1 kalimat atau juga menuliskan paling tidak 3 permasalahan yang ditemukan dari banyak persoalan yang ada.


Menuliskan Judul Penelitian

Setelah menentukan topik, menemukan persoalan-persoalan, merumuskan masalah kemudian kita mulai mencoba membuat judul penelitian dalam satu kalimat sebagai langkah pertama dalam penelitian, yaitu mau membuat apa, dengan alat apa untuk tujuan apa atau rekomendasi solusi dari masalah yang sudah dirumuskan.



Kesimpulannya membuat judul penelitian dimulai dari (istilahnya penelitian pendahuluan) observasi dan atau wawancara, studi pustaka (membaca tulisan yang sesuai) kemudian menentukan topik, menemukan persoalan-persoalan, merumuskan masalah dari persoalan-persoalan, dan menentukan akan membuat apa, dengan alat apa dan tujuan apa yang ingin dijadikan rekomendasi solusinya dan kita tuliskan dalam satu kalimat yang kita sebut dengan judul penelitian.

Penelitian pendahuluan nantinya akan menghasilkan hipotesis atau kesimpulan sementara yang kita akan buktikan dengan penelitian yang akan dilakukan dan nantinya dibandingkan jika hasil hipotesis sama dengan hasil penelitian maka penelitian yang dilakukan dinyatakan berhasil, bagaimana kalau tidak sama? jawabannya penelitiannya tetap diakui dan menyatakan bahwa hipotesis (kesimpulan sementara) tidak sesuai dan yang benar adalah hasil akhir setelah dilakukan penelitian.