Penelitian Bidang Komputer

Penelitian Bidang Komputer


Area Penelitian
Area Penelitian

Sebelumnya : Metode Teknik dan Instrumen Penelitian

Pada dasarnya fokus bidang ilmu komputer mengalami pergeseran dari berbagai bidang ilmu yang antara lain electrical engineering, computer engineering, computer software engineering, computer science information system dan information technology. Pergeseran bidang ilmu itu terus berkembang hingga ilmu komputer difokuskan atas dua bagian besar yaitu bidang ilmu komputer dan bidang ilmu teknologi informasi. Pemabahasan disini akan dibahas mengenenai penelitian yang terkait dengan ilmu komputer dan teknologi informasi. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penelitian merupakan suatu proses yang sistematis (ada urutannya) dalam mengumpulkan dan menganalisa suatu data. Perlu diketahui bahwa untuk melakukan suatu penelitian membutuhkan suatu keahlian khusus. Sebagai contoh bisa kita katakan bahwa seorang peneliti bisa melakukan proyek, tapi seseorang yang melakukan proyek belum tentu bisa melakukan suatu penelitian. Seorang peneliti bisa dengan mudah menjadi seseorang yang profesional namun seorang profesional belum tentu bisa menjadi seorang peneliti. Pada dasarnya seorang peneliti dan seorang prefesional memiliki pola pikir yang sama, bedanya adalah seorang peneliti mencoba untuk mencari dan memecahkan suatu permasalahan yang ada sedangkan profesional masalahnya sudah ada dan dia hanya dituntut untuk mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. 


Baca : Memulai Membuat Penelitian






Dalam melakukan penelitian tentunya kita memerlukan data-data yang akurat untuk mendukung hasil penelitian yang dilakukan. Yang perlu kita garisbawahi adalah datadata yang kita kumpulkan tidak harus berupa angka-angka saja, namun juga bisa dalam bentuk tekstual ataupun dalam bentuk parameter lainnya.  Data-data ini ada yang bersifat nominal, ordinal, interval dan rasio, terutama untuk data-data yang bersifat kualitatif seperti ucapan-ucapan, tanggapan-tanggapan, tulisan-tulisan dan lain sebagainya yang dikumpulkan dan dianalisa untuk meningkatkan pemahaman kita tentang suatu kejadian ataupun fenomena yang menjadi minat penelitian kita atau bias juga kita sebut sebagai point of interest. Pada akhirnya, data-data inilah yang akan diolah dan dituangkan ke dalam tulisan yang akan kita buat sesuai dengan tahapan penelitian yang ada. 

Penelitian dalam bidang ilmu komputer seringkali menggunakan desain eksperimental, oleh sebab itu kita harus mengetahui metodologi yang tepat untuk membantu penelitian yang dilakukan dalam bidang ilmu komputer. Selain itu juga perlu adanya pendekatan ilmiah untuk memunculkan pengetahuan baru. 

Didalam riset computer science, information system, IT ada dua pendekatan science dan engineering. Tapi untuk membangun sistem informasi perlu pendekatan engineering approach. Artinya membangun kontraks struktural dari riset SI/TI. Kita perlu membangun konstrak suatu produk. Perlu adanya jawaban jawaban dari pertanyaan yang dapat mendukung. Engineering approach arahnya untuk membangun suatu product sedangkan science approach arahnya new knowlage. 

Contohnya pengguna internet yang dapat kita bagi atas 2 bagian:
  1. IT literate yaitu pengguna yang diberikan fasilitas pencarian (searching) yang langsung mencari ke tujuan. Artinya kita sudah tahu apa yang ingin kita cari atau kita butuhkan. 
  2. Non IT literate yaitu pengguna yang diberikan fasilitas penelusuran (browsing) yang mencari satu persatu artinya kita belum mempunyai pilihan/keputusan yang pasti tentang apa yang mau dicari (sudah tahu apa yang mau dicari tapi belum memutuskan apa yang ingin dipakai). 

Berikut ini adalah contoh dari beberapa tema penelitian yang sering digunakan dalam bidang Ilmu Komputer:
  • Tema dalam Pemprosesan Teks 
  • Tema dalam Sistem Informasi 
  • Tema dalam Temu Kembali Informasi 
  • Tema dalam Grafika Komputer 
  • Tema dalam Pengolahan Citra 
  • Tema dalam Teknik Perangkat Lunak 



Berikut ini adalah contoh dari beberapa tema penelitian yang sering digunakan pada bidang teknologi informasi Perancangan Sistem Informasi: 
  • Proses dan Manajemen Rekayasa Perangkat Lunak 
  • Perencanaan Strategis Sistem Informasi 
  • Spesifikasi dan Prasyarat Perangkat Lunak 
  • Perencanaan Infrastruktur Teknologi Informasi 

Baca : Proposal Skripsi


Metodologi dalam IS/IT dibutuhkan untuk:
  • Mencatat secara lebih cermat dan teliti 
  • Menyediakan metode yang sitematik sehingga lebih efektif 
  • Menyediakan sistem informasi yang tepat dan dapat diterima /cocok 
  • Menghasilkan sistem yang baik dan mudah digunakan (Sistem dapat dipercaya, Memberikan indikasi terhadap perubahan lebih awal untuk proses pengembangan, Memberikan sistem yang bisa mempengaruhi pengguna sistem tersebut)