Cara melakukan Tinjauan Pustaka


Untuk melakukan tinjauan pustaka atau mengkaji literatur bisa dilakukan dengan cara menggunakan sumber data primer (primary sources) yang berasal dari hasil-hasil penelitian seperti jurnal, thesis, disertasi dan lain sebagainya yang digunakan untuk memantapkan ide yang telah kita temukan sebelumnya dan dari sumber data sekunder (secondary sources) seperti buku, majalah, koran, penelusuran dengan komputer (online database) dan lain sebagainya karena sumber-sumber tersebut memberikan gambaran dan ide yang lebih luas tentang topik yang ingin kita kaji.

Fungsi tinjauan pustaka yang sudah ada sebelumnya dan berhubungan dengan penelitian yang akan dilakukan merupakan hal yang mendasar dalam penelitian (biasanya dilakukan setelah menentukan proposisi atau tema penelitian). Semakin banyak peneliti mengetahui, mengenal dan memahami tentang penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, semakin dapat mempertanggungjawabkan caranya meneliti permasalahan yang dihadapi.


Formulasi permasalahan

Pilihlah topik yang sesuai dengan isu dan interest. Permasalahan harus ditulis dengan lengkap (complate) dan tepat.

Cari literature

Temukan literatur yang relevan dengan penelitian. Langkah ini membantu kita untuk mendapatkan gambaran (overview) dari suatu topik penelitian. Sumbersumber penelitian tersebut akan sangat membantu bila didukung dengan pengetahuan tentang topik yang akan dikaji. Karena sumber-sumber tersebut akan memberikan berbagai macam gambaran tentang ringkasan dari beberapa penelitian terdahulu.






Evaluasi data

Lihat apa saja kontribusinya terhadap topik yang dibahas. Cari dan temukan sumber data yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan untuk mendukung penelitian. Data ini bisa berupa data kualitatif, data kuantitatif maupun data yang berasal dari kombinasi keduanya.

Analisis dan interpretasikan

Diskusikan dan temukan serta ringkas pustaka atau literatur tersebut